https://drive.google.com/file/d/0B-kQUoR8qT6gZ1k3a3drajhlcTA/view?usp=sharing
Microsoft Access 2
https://drive.google.com/file/d/0B-kQUoR8qT6gQ0xNR0J3d0Z0N1k/view?usp=sharing
Microsoft Access 3
https://drive.google.com/file/d/0B-kQUoR8qT6gZ25vMjVQU0M2SlE/view?usp=sharing
Microsoft Access 4
https://drive.google.com/file/d/0B-kQUoR8qT6gNVAybjg2UkQ4VWM/view?usp=sharing
Materi Microsoft Excel
Materi Microsoft
Excel
Mengenal Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet canggih yang bisa
digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat
diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka.
Contoh aplikatif dari penggunaan spreadsheet dalam kehidupan seharihari
misalnya untuk keperluan sebagai berikut.
1. Menghitung
rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
2. Membuat sebuah
grafik yang memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
3. Memperlihatkan
jumlah total suatu variabel.
4. Memanajemen
suatu database.
Spreadsheet pada dasarnya adalah grid besar yang menata data ke
dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dan hanya sekedar
pengganti buku akuntansi. Excel dapat melakukan semua kalkulasi yang
diinginkan, dan misalkan data di dalam sebuah sheet Excel diubah/di-update,
maka Excel dapat langsung melakukan peng-update-an hasil tanpa harus mengubah
struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft
Excel 2010. Aplikasi pengolah angka ini merupakan salah satu bagian dalam
Microsoft Office 2010.
Menurut penelitian mengenai penggunaan program di Amerika dinyatakan
bahwa Microsoft Excel keluaran dari Microsoft Corporation ini terbukti paling
laris dan paling banyak digunakan di pasaran jika dibandingkan dengan program
pengolah angka sejenis seperti Quattro, Quattro Pro, Lotus, dan Supercall. Hal
tersebut dikarenakan Microsoft Excel berada di bawah sistem operasi Windows
yang memiliki keunggulan berbasis grafik (Grafic user interface/GUI) yang
dikembangkan oleh Microsoft, artinya sistem ini selain digunakan untuk mode
grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multitasking.
Pada saat yang bersamaan dapat digunakan untuk menjalankan program lain yang
berbeda.
Microsoft Office Excel 2010 merupakan pengembangan dan Microsoft
Office versi sebelumnya dan merupakan salah satu produk Microsoft Corporation.
Pada Excel 2010 ini tersedia berbagai macam kemampuan untuk membantu
menyelesaikan berbagai pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan pengolahan
angka, baik dalam perkantoran maupun dalam dunia bisnis lainnya.
Memulai dan Mengakhiri Microsoft Excel
Memulai Microsoft Excel
Langkah pertama sebelum memulai program ini Anda harus mengecek
apakah komputer Anda sudah terinstall program Microsoft Excel 2010 atau belum.
Setelah Anda meyakini bahwa Microsoft Excel 2010 telah terinstall di dalam
komputer Anda, maka Anda dapat menggunakan software ini untuk berbagai
keperluan.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program
aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
a. Melalui double
klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
b. Melalui menu
Start.
c. Melalui file
yang terdapat di Microsoft Excel
Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada
desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum
terpasang di desktop, shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut.
ü Klik kanan pada desktop.
ü Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
ü Jika ingin membuka Microssoft Excel 2010 dengan cara kedua,
langkah yang digunakan adalah sebagai berikut.
ü Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
ü Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2010
ü Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2010
Jika ingin membuka Microsoft Excel 2007 dengan cara ketiga, maka
dalam windows explorer harus sudah ada file Excel yang pernah dibuat. Misalnya
file Excel ada di My Document, maka langkah yang dilakukan adalah sebagai
berikut.
1. Klik menu
start > Pilih Program > klik windows Explorer.
2. Klik Folder My
Document.
3. Klik dua kali
pada file Excel yang akan dibuka.
Cara Mengakhiri Excel 2010
Setelah Anda selesai menggunakan Microsoft Excel 2010, Anda perlu
menutup program aplikasi windows tersebut sebelum mematikan komputer. Cara
untuk menutup program adalah dengan cara meng-klik tombol Close (X) yang
terdapat di sebelah kanan atas Windows Excel atau dapat juga melalui ikon
kontrol menu yang terdapat di pojok kiri, caranya sebagai berikut.
a. Klik ikon menu kontrol Microsoft Excel.
b. Pilih dan klik Exit Excel.
Menu dan Ikon Microsoft Excel
Elemen pada Microsoft Excel
Pada saat Anda memulai Excel 2010, akan muncul sebuah dokumen
kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data,
meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.
komponen-komponen terpenting Excel 2010, yaitu jendela workbook,
ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button,
name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris
status, dan zoom.
Bagian-bagian Lembar Kerja Excel 2010
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2010 hampir sama dengan excel 2010 dan
sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk
mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2010, isi perintah-perintah ikon menu
kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana
ditampilkan dalam gambar berikut.
Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2010
a. New, yang
dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja
kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada
Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
b. Open,
disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft
Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk,
Disket, atau media simpan lain.
c. Save,
merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru
dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam
hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
d. Save As,
tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah
sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas
perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
Sub tab menu Save As aplikasi Microsoft Excel 2010
Keterangan:
• Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format
file default dan Microsoft Excel 2007.
• Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan
lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan
lembar kerja ke format lain.
• Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar
kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
• Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja
dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga
2003.
• Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan
untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke
bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
• Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save
As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah
kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon
gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah
antara tombol satu dengan tombol lainnya.
c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2010 sangat berbeda tampilannya dengan
Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan
baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris
tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
d. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam
layar Excel 2010 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
• Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan
dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di
taskbar.
• Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
• Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang
lebar.
• Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
e. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
f. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Keterangan:
a. Tombol Cancel
digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
b. Tombol Enter
digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan
sebelumnya.
c. Tombol Insert
Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
g. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256
kolom, kolom maksimal).
h. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
i. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua,
yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas
atau ke bawah.
2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri
dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah
dari satu sheet ke sheet yang lain.
k. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan
lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
l. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan
dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat
digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut
adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di
setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.
a. Toolbar
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk
mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini
dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah
pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.
1) Tab Home
Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab
Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard
Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan
data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat
perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).
b) Font
Submenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada
tabel berikut.
c) Alignment
Submenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel
berikut.
d) Number
Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel
berikut.
e) Styles
Submenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel
berikut.
f) Cells
Submenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan
pada tabel berikut.
g) Editing
Submenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang
ditunjukkan pada tabel berikut.
2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam
lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik,
membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari
komponen-komponen sebagai berikut.
a) Tables
Nama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti
yang ditunjukkan pada tabel berikut.
b) Illustrations
Nama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol)
seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and
footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja
3) Tab Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini
adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur
pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.
b) Page Setup, digunakan untuk mengatur
batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran
kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan
halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul
tabel.
c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur
lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
d) Sheet Option, digunakan untuk
menampilkan garis bantu serta heading suatu data.
e) Arrange, digunakan untuk mengatur
tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
Tab Layout Arrange
4) Tab Formula
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text,
format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
Tab Formula
5) Tab Data
Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh
data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan
memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks
berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas
grup suatu data serta membuat subtotal.
6) Tab Review
Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa,
pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).
7) Tab View
Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur
ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar
kerja.
Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
Dalam penggunaan Excel 2010 kita membutuhkan tool-tool untuk
menyelesaikan pekerjaan Excel agar akses dan eksekusi data menjadi lebih cepat.
Namun, tidak jarang tool-tool yang sering dibutuhkan belum masuk ke dalam tab.
Anda dapat memasukkan tombol-tombol perintah tersebut ke dalam
Quick Access Toolbar dengan cara sebagai berikut
1. Klik tombol combo box pada baris Quick Access Toolbar
2. Berilah tanda (√) di depan pilihan tombol tersebut.
Jika ternyata dalam pilihan combo box tidak terdapat tool-tool
yang kita butuhkan, kita dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ke dalam
Quick Access Toolbar dengan cara berikut.
1) Klik tombol combo box pada access toolbar.
2) Pilih dan klik pada pilihan perintah More commands.
3) Pilihlah salah satu tombol yang diinginkan, masukkan ke dalam
kotak pilihan Quick Access Toolbar.
Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel 2010
Menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2010 mempunyai
fungsi sesuai uraian materi sebelumnya. Penggunaan beberapa menu dan ikon yang
terdapat pada Microsoft Excel 2010 akan dibahas pada uraian
berikut.Selanjutnya, Anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang penggunaan
menu dan ikon pada materi Penggunaan Microsoft Excel 2010 untuk Menghasilkan
informasi
a. Menyimpan lembar kerja Excel
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak
hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu.
Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file
Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1) Klik ikon pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder
untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file
name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh,
apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus
dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka
kembali pada aplikasi Excel selain 2010 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah
tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003
workbook.
atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.
5) Setelah selesai klik Save
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang
Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang
tersimpan menjadi Latihan 1.xls
b. Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
Langkah untuk menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru adalah
sebagai berikut.
1. Klik tombol office button.
2. Klik Save As ( )sehingga akan tampil kotak dialog Save As.
3. Pada kotak pilihan Save In, pilihlah folder sebagai tempat
untuk menyimpan lembar kerja Excel yang baru. Apabila Anda tidak melakukan
perubahan, maka hasil penyimpanan akan tersimpan dalam folder yang sama dengan
tempat penyimpanan file yang lama.
4. Pada kotak isian File name, isikan nama file yang baru, lalu
klik save.
c. Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
Lembar kerja lama yang pernah disimpan dapat pula disimpan kembali
setelah Anda melakukan perubahan-perubahan. Proses penyimpanan file ini
dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Dengan cara mengklik tombol office button, kemudian klik Save.
2. Dengan mengklik ikon Save ( ) pada quick access toolbar.
3. Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard.
d. Menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket dan flashdisk
Selain penyimpanan lembar kerja di dalam hardisk, Anda juga dapat
menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket atau flashdisk. Cara penyimpanan
lembar kerja Excel dengan menggunakan disket atau flashdisk adalah sebagai
berikut.
1. Klik tombol office button kemudian klik Save As.
2. Pada kotak pilihan Save in pilih 3½ Floopy (A:) jika Anda akan
menyimpan ke dalam disket, namun apabila Anda akan menyimpan lembar kerja Excel
tersebut ke dalam flashdisk, maka pada kotak pilihan Save in pilih Removable
Disk (G:).
3. Ketikkan nama file lembar kerja Excel yang Anda inginkan pada
kotak isian File name.
4. Apabila sudah selesai, klik tombol Save.
e. Membuka kembali lembar kerja Excel
Apabila Anda ingin membuka kembali lembar kerja Excel yang pernah
disimpan di hardisk dengan menggunakan ikon, maka caranya adalah sebagai
berikut.
1. Klik ikon pada menu office button.
2. Setelah muncul kotak dialog Open, pilih folder dan klik file
yang dicari melalui kotak isian Look in.
3. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file
yang ingin dibuka.
Jika Anda akan membuka file Excel dari flashdisk caranya adalah
sebagai berikut.
1. Klik ikon pada quick access toolbar.
2. Pilih Removable Disk (G:) pada kotak isian Look in.
3. Klik nama file Excel yang ingin dibuka.
4. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file
yang ingin dibuka.
f. Mengedit lembar kerja Excel
Mengedit lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu
dengan menggunakan mouse dan dengan menggunakan ikon. Dalam hal ini proses
editing yang dilakukan adalah memindahkan data dalam sebuah sel pada lembar
kerja Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengedit lembar kerja Excel dengan
menggunakan mouse.
1. Blok sel pada data yang ingin dipindahkan.
2. Pada posisi data yang diblok, klik kiri mouse dan tahan.
3. Seret kursor ke sel tujuan yang diinginkan, kemudian mouse
dilepaskan.
Langkah untuk mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan ikon
adalah sebagai berikut.
1. Blok data pada sel yang akan dipindahkan.
2. Klik ikon Cut pada tab menu Home submenu Clipboard.
3. Aktifkanlah sel tujuan untuk meletakkan data.
4. Klik ikon Paste pada tab menu Home submenu Clipboard.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar