Pages

Ads 468x60px

Minggu, 11 Januari 2015

BAB 4. Microsoft Word 2010



Microsoft Word 2010
A.    Mengaktifkan Program MS.Word
ü  Klik menu start
ü  Pilihb all program
ü  Pilih Microsoft Office , lalu pilih MS. Wor 2010.
B.     Mengenal Microsoft Word 2010
Word memiliki konsep “ what you see what you get “, dan program yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC.  MS Word 2010 adalalh versi paling baru yang di keluarkan MS Word untuk office pada windows , dengan dukungan untuk windows 7.
C.     Mengoperasian Dokumen
1.      Menyimpan dokumen
ü  Klik file pilih save atau CTRL + S
ü  Akan muncul jendela kotak Save As
ü  Ketikkan nama file yang di inginkan
ü  Sebelum mengklik save , pilih jenis file yang akan di simpan pada kotak save as type.
2.      Mebuka dokumen
ü  Cukup tekan CTRL+O
ü  Atau klik file klik open
ü  Cari file atau folder yang ingin di buka.
3.      Menyimpan dokumen dengan nama lain
ü  Klik file pilih save as
ü  Ketikkan nama file yang berbeda
ü  Klik save
4.      Mengakhiri Word
ü  Klik icon X di sudut kanan atas
ü  Klik file x exit
ü  Atau tombol Alt+F4
5.      Memformat dokumen
ü  Mengatur ukuran
·         Klik tab Page Layout , pilih size
·         Apabila tidk sesuai dengan ke inginan maka klik More PPaper Sizes…
·         Untuk mengatur ukuran kertas pilih Width (lebar) dan Heigh (tinggi)
ü  Mengatur margin
·         Klik Tab Layout , klik kotak kecil di sebelah kanan bawah, klemudian muncul jendela page layout.
·         Pilih Tab Margin
v  Top : margin atas
v  Left : margin kiri
v  Right : margin kanan
v  Bottom : margin bawah
·         Orientation , bentuk kertas , Portrait (tegak) dan Landscape (miring)

ü  Menentukan jenis dan ukuran huruf
·         Klik Tab Home kemudian pilih Group Font
·         Klik panah bawah pada jenis font dan ukuran sesuai keinginan.
·         Atau CTRL+D
·         Pilihlah pengaturan teks sesuai di inginkan
v  Font : jenis huruf
v  Font size : model font , Regular , Italic (miring) , Bold (tebal .
v  Size : ukuran huruf
v  Font color : warna huruf
v  Underline style : garis bawah
v  Unerline color : warna garis bawah
v  Strikethrough : efek corek tunggal
v  Double strihethtrough : efek coret double
v  Superscript : penulisan pangkat atas
v  Subscript : pangkat bawah
v  Shadow : efek bayangan
v  Quitline : bayangan
v  Outline : membuat outline pada tulisan
v  Emboss : efek timbul
v  Engrave : karakter pahat
v  Small Caps : karakter kecil dalam bentuk capital
v  All Caps : semua karakter dalam bentuk huruf capital.
v  Hidden : menyembunyikan tulisan
·         Pada Tab Advanced , mengatur jarak antar spasi
·         Menu Advanced :
v  Scale : menentukan skala yang di pakai saat mengatur jarak antar karakter
v  Spacing pilih Expanded , merenggangkan jarak antar karakter.
v  Position : pengaturan posisi
·         Preview akan terlihat hasil karakter / huruf setelalh di format
·         Klik OK , selesai.




ü  Mengatur paragraph
·         Klik Tab Home , klik Group Paragraph, akan mucul kotak dialog paragraph.
·         Atur paragraph sesuai dengan keinginan
v  Alignment : perataan paragraph , rata kiri , rata kanan ,  rata tengah , dan rata kiri-kanan
v  Left : jarak dari margin kiri
v  Right : jarak dari margin kanan
v  Special : none (tidak ada identitas khusus) , first line (hanya satu baris) , hanging (gantung).
v  Before : jarak spasi sebelum paragraph
v  After : jarak spasi setelah paragraph
v  Line spacing  : single ( spasi 1) , 1.5 (spasi 1.5), double (spasi 2), at least (jarak spasi minimal), Exactly (jark spasi tepat) , multiple(menggandakan spasi)
ü  Mencopy, menghapus dan memindahlan teks
·         Mencopy
Ø  Blok teks yang akan di copy
Ø  Tekan CTRL + C
Ø  Letakkan kursor pada tempat yang akan di copy
Ø  Tekan CTRL+V
·         Menghapus
Ø  Blok teks yang akan di hapus
Ø  Piih dan klik menu edit , clear, contents Del
Ø  Atau tekan tombol Delete
·         Memindahkan
Ø  Pilih teks yang akan di pindahkan , lalu drag
Ø  Lalu tekan CTRL+ C
Ø  Lalu pindah kan kursor pada daerah yang akan di pindahkan lalu tekan CTRL+V
6.      Table
ü  Membuat table pada dokumen
·         Klik Tab Insert , kemudian table pada group table
·         Lalu klik kotak yang di inginkan maka secara otomatis table akan muncul.
ü  Menambah kolom
·         Tempatkan kursor di dalam table
·         Klik kanan mouse , lalu ada pilihan left , right , above, below.
·         Merubah ukuran kolom dan baris , sorot baris dan kolom , kemudian klik kanan mouse , muncul table tools pilih layout , pilih properties .dan pilih apa yang akan anda ubah., lalu masukkan angka / ukuran yang di inginkan.

ü  Menghapus baris dan kolom
·         Sorot bagian table
·         Klik kanan
·         Akan muncul bebeapa pilihlan maka pilihlah sesuai yang anda inginkan.
ü  Merge cells
·         Sorot sel yang akan di gabung
·         Klik kanan mouse
·         Pilih merge cell
·         Mak cell akan menjadi Satu
ü  Perhitungan pada table
·         Klik bagian kolom yang akan di hitung
·         Klik kanan , pilih layout klik Ok.
·         Lalu tuliskan rumus formula .
·         Lalu OK.
·         Maka secara otomatis hasil akakn muncul pada kolom .
ü  Membuat tampilan table lebih menarik
·         Sorot bagian sel yang akan di ubah
·         Pilih table tools kemdian design
·         Pilih sesuai kekinginan nada.
·         Maka table akan berubah sesuai yang anda inginkan.
ü  Merubah garis-garis table
·         Klik design dan klik arah panah pada grup Draw Border
·         Pilih bentuk garis yang di inginkan
·         Klik OK.
ü  Mengatrur Cell Alligment
·         Klik sel yang akan mempunyai judul panjang
·         Klik kanan mouse
·         Pada cell Alligment pilih posisi teks yang di inginkan
7.      Menggunakan Mailmerge
·         Siapkan surat yang ingin di perbanyak
·         Kemdian muncul dialog box sebelah kanan , pilih letter dan nexts starting document
·         Pilih use the current document kemudian next : select recipients
·         Pilih use the current docement , pilih type a new list , pilih create
·         Muncul kotak dialog new address list , jika nama field tidak sesuai dengan field anda
·         Pilih customize costumns, maka delete field yang tidak anda perlukan
·         Lalu add untuk menammbahkan field yang anda perlukan.
·         Lalu masukkan data yang di butuhkan
·         Klik save
·         Lalu kembali ke lembar surat yang di berikan mail merge
·         Letakkan kursor yang akan di mailmerge, lalu pilih insert merge
·         Selesai.
8.      Garpich dengan gambar dan grafik
ü  Grapich SmartArt
·         Klik Insert , pilih smartart
·         Pilih salah satu design yang di inginkan, klik OK
·         Lalu ketikkan kalimat dalam kotak yang tersedia.
ü  WordArt
·         Klik Tab Insert , kemudian klik WordArt
·         Pilih jenis dan type huruf yang di inginkan
·         Ketikkan kalimat
·         Kemudian klik tab format
·         Kemudian text effect dan transform
ü  ClipArt
·         Pilih Tab insert kemudian klik Clip Art
·         Pilih GO
·         Pilih gambar yang di inginkan
ü  DropCap
·         Sorot huruf pertama pada awal paragraph
·         Klik Drop Cap pada Tab insert
·         Maka pilihan akan muncul, pilihlah sesuai yang diinginkan
·         Selesai
9.      Fasilitas bantu dan percetakan
ü  Fungsi find
·         Teksn CTRL +H dan klik tab find
·         Masukkkan kata yang akan di cari pada kotak Find What
ü  Find replace
·         Klilk Tab Home kemudain klik Replace
·         Lalu ketikkan kata yang akan diganti pada kotak isian Find what dan kata yang menggantikannya pada replace with
·         Klik Find Next untuk mencari kata. Tersebut
ü  Fungsi “GO” mencari halaman dengan cepat
·         Ketik CTRL+G
·         Kemudian masukkan No halaman yang di tuju
ü  Fungsi insert picture
·         Klik Tab Insert dan pilih picture
·         Kemudian akan muncul jendela picture
·         Cari dan pilih gambar yang di inginkan, kemudian klik insert
ü  Fungsi WrapText
·         Pilih dan sisipkan gambar kedalam dokumen
·         Klik tab format dan kemudian klik WrapText’
·         Akan muncul jendela WrapText
ü  Fungsi shapes
·         Klik Tab insert dan pilih shapes
·         Kemudian pilih bentuk shapes yang tersedia
ü  Membuat No Halaman
·         Klik Tab insert kemudian pilih page number
·         Kemudian ada pilihan , pilih sesuai yang anda inginkan
ü  Header dan footer
·         Pilih dan klik tab insert kemudian pilih group header dan footer
·         Bila ingin pindah dari daerah penyuntingan header kearah penyuntingan footer atau sebaliknya, klik Goto header dan fGoto footer
ü  Cara cepat akses ribbon
·         Secara cepat dengan menekan tombol ALT
·         Lalu jika kita tambahkan dengan huruf kecil , contoh nya ALT+H maka akn tab Home akan terbuka.
ü  Mencetak document
·         Klik CTRL=P atau tab File – Print
·         Area percetakan terbagi 2 : areqa kiri adalah setting untuk mencetak sedangkan area kanan PrintView dokumen yang akan di cetak.
·         Pilih printer yang terpasang pada PC anda, klik printer kemudian pilih printer
·         Klik PRINT untuk mencetak
·         Jika ingin mencetak halaman tertentu saja klik Setting kemudian kotak Pages masukkkan halaman yang akan di cetak.
·         Jika akan mencetak halaman lebih dari satu tetapi berbeda halaman maka kotak pages masukkank nomor halaman yang di inginkan dan berilah tanda koma
ü  Tombol pintas short key

1 komentar: