Pages

Ads 468x60px

Minggu, 11 Januari 2015

BAB 8. Pengenalan internet



PENGENALAN INTERNET

 1. PENGERTIAN INTERNET
Internet ( Inter-Network) adalah sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat ), diskusi ( Usenet News, email, milis ), usmber daya informasi yang terdistribusi ( World Wide Web, Gopher ), remote login dan lalu lintas file ( Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Internet dapat diatikan sebagai kumpulan berbagai computer diseluruh dunia yang saling terhubung satu sama lain membentuk suatu jaringan interkoneksi. Dengan adanya computer yang saling terhubung tersebut, memungkinkan terjadinya pertukaran file data dan informasi yang terdapat pada masing-masing computer. Hingga kini sudah ada sekitar 80.000 jaringan yang saling berhubungan di seluruh dunia. Hal ini menjadikan internet menjadi suatu komunitas baru dari masyarakat yang sangat besar dan sering disebut Cyberspace.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protocol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan computer dan mengalamati lalu lintas dalam sebuah jaringan. Protocol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protocol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protocol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis computer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan. Adapun kegunaan internet adalah :
• Sebagai media komunikasi
• Sebagai media promosi
• Sebagai komunikasi interaktif
• Sebagai alat research dan development


2. DAMPAK-DAMPAK DARI INTERNET
a. Dampak Langsung Internet
    Ada beberapa hal yang menyebabkan internet menjadi sedemikian popular.
·         pertama, computer tetap terhubung satu dengan lainnya walaupun jalur line dalam keadaan sibuk.
·          kedua, tidak tergantung pada sebuah perusahaan atau vendor, serta tidak ada suatu control terpusat.
·         ketiga, biaya komunikasi menjadi sangat murah karena semuanya menggunakan biaya pulsa local walaupun komunikasi itu sendiri berlangsung antar benua.
·         keempat, banyak informasi  penting yang dapat kita acces melalui internet.

b. Dampak Positif Internet
     Internet memiliki beberapa dampak positif, yaitu :
• Sumber informasi menjadi lebih beragam dan luas
• Jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama
• Munculnya system pembelian dan pembayaran online
• Dapat mengadakan rapat secara bersamaan dan langsung dari berbagai tempat
• Pertukaran dan asimilasi nilai-nilai budaya cepat.



c. Dampak Negatif Internet
• Pornografi
• Ancaman dan kekejaman
• Penipuan
• Perjudian online

1. WWW ( World Wide Web )
     Secara tekni s web adalah sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan  lain-lain tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dengan format HTML ( Hypertext Markup Language ). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis dalam format .GIF .JPG .PNG, sedangkan untuk format suara adalah AU, dan WAV, serta objek multimedia lainnya seperti MIDI, shockwave, Quicktime Movie, 3D World.

2. ELECTRONIC MAIL
     Email atau surat elektronik adalaha aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling bertukar pesan melalui alamat elektronik di internet. Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman atau penerimaan email. Sedangkan email berbasis web, seluruh kegiatan per-emailan harus dilakukan melalui situs web. Biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti hotmail (www.Hotmail.com) atau Yahoo Mail ( mail.yahoo.com ).

3. FILE TRANSFER
    Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan upload dan download sebuah file antar computer. Protocol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut File Transfer Protocol (FTP).

4. REMOTE LOGIN
     Layanan remote login mengacu pada program atau protocol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses login ke sebuah terminal dalam sebuah jaringan internet.

5. INTERNET RELAY CHAT
    Merupakan sebuah layanan chat atau bentuk komunikasi di internet yang menggunakan saran abris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Selain IRC, ada juga MUD ( Multi User Dungeon atau Multi User Dimension ). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti virtual dunia (virtual word) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata.

6. E-COMMERCE, E-GOVERNMENT, E-BANKING, E-LEARNING
    Istilah huruf E pada judul diatas adalah mengacu pada kata “Electronics”, dimana semua kegiatan yang biasanya harus kita lakukan dengan mendatangi langsung tempat-tempat penyedia, namun semenjak ada aplikasi tersebut kita dapat mengerjakannya dimana saja dan kapan saja.
  1. E-Commerce mengacu pada kegiatan-kegiatan komersial yang dapat dilakukan melalui internet, seperti halnya berjualan. Dengan e-commerce seseorang dapat menjual dagangannya melalu internet atau sering kita sebut dengan Online Shop, dimana pembayaran dapat dilakukan dengan cara mentransfer atau menemui langsung took  tersebut.
  2. E-Government di Indonesia merupakan sebuah system di internet yang mengeksploitasi potensi di daerah-daerah tertentu dengan maksud mengundang pihak-pihak agar tertarik mendatangi wilayah tersebut. 
  3. E-Banking adalah aktivitas perbankan yang dapat dilakukan melalui internet, seperti pengecekan saldo, mentransfer sejumlah uang, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti listrik, telepon, dll.
  4. E-Learning merupakan sebuah bentuk penerapan teknologi informasi dibidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Sehingga seseorang yang melakukan e-learning tidak harus datang ke sekolah setiap harinya. Ia hanya perlu datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar