Pages

Ads 468x60px

Minggu, 11 Januari 2015

BAB 6. Microsoft Power Point 2010



BAB 6
Microsoft Power Point 2010
A.      Pengenalan MS.Power Point 2010
1.       Unsur –unsur pokok presentasi
 * Presenter : pihak yang melakukan presentasi
* Audience : peserta presentasi
* Tools : media atau alat presentasi.
2.       Jenis presentasi berdasarkan sifat interaksi
·         Presentasi Langsung (guru danmurid)
·         Presentasi tak langsung (Koran, majalah, dan tabloid)
3.       Jenis presentasi berdasarkan siafat dan medianya
·         Presentasi Audio : presentasi yang menggunakan media suara
·         Presentasi Visual : presentasi yang menggunakan media gambar
·         Presentasi Audio Visual : presentasi yang menggunakan media suara dan gambar
B.      Perkembangan teknologi presentasi
1.       Kapur dan blackboard
Muncul pertama pada tahun 1960-an , papan tulis digunakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan. Tulisan dibuat dengan kapur tulis. Seiring dnegan berjalannya zaman tingkat kealergian semakin banyak terhadap kapur tulis. Dan mulailah dibuat whiteboard dengan alat tulis spidol.
2.       Spidol dan whiteboard
Papan tulis diciptakan oleh Martin Heit,seorang fotografer dan veteran perang Korea. Papaan tulis pertama terbuat dari melamin permukaan.  Lembarn papan tulis di dukung oleh lem, poster, dan roti yang tersedia, memungkinkan semua permukaan bahkan  jika tidk teratur akan berubah menjadi permukaan yang menulis papan tulis. Permukaan penand terbuat dari kaca di lapisi khusu. Dan muncul sekitar 2007 dan telah dipopulerkan di TV dan Film.
3.       OHP
OHP pertama kali di gunakan  untuk identifikasi polisi bekerja.pada awal 1980-an, OHP digunakan kelas layar computer. Panel Kristal cair di pasang pada bingkai plastic di letakkan di atas proyektor OHP dan dihubungkan keoutput video computer. Pada 1980-an muncul model  warna untuk warna Machintosh dan VGA PC. OHP berfungsi untuk memproyeksikan atau menyajikan transparansi. Dengan proyektor, informasi dapat do proyeksikan di layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar,bagan akan lebih jelas di lihat.
4.       Personal computer dan LCD Projector
LCD proyektor pertama di temukan di New York oleh Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di kampus pada tahun 1968 dan bertujjuan untuk memproduksi sebuah video proyektor. Pada tahun 1984mendapatkan addressable layar Kristal cair(LCD). Pada tahun 1988 pertama kali dunia LCD proyektor didirikan, dengan prinsip kerja proyektor menggunakan file hasil olahan perangkat lunak presentasi yang outputnya dari computer diteruskakn ke layar LCD proyektor.
Awalnya LCD yang digunakan dengan sisitem ada pada overhead proyektor. LCD system tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Engan teknologi yang digunkan dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi. Pada tahun 2004 dan 2005, LCD proyeksi telah kembali datang dengan fitur yang lebih lengkap karena penambahan yang dinamis warna yang dianggap kontras yang telah meningkat hingga tingkat DLP.
5.       Smartboard
Smartboard adalah salah satu alat yang dibuat oleh SMART Technologies yang sangat cocok untuk digunakan dalam Accelerated Learning. Smartboard media presentasi dan media informasi yang berasal dari Canada yang memilikli kemampuan merekam suatu presentasi termasuk melakukan “Coinference Presentation” yaitu  presentasi yang di lakukan di dua lokasi atau klebih secara  bersamaan dan bisa saling mengkoreksi apabila terjadi kesalahan. Fungsi smartboard untuk memindahlan fungsi PC/Laptop kepada board atau LCD .
C.      Dasar Microsoft Power Point
1.       Mengoperasikan Power Point 2010
·         Klik tombol start menu
·         Klik all program, pilih MS.OFFICE dan klik MS.Power Point 2010
2.       Penyimpanan Awal
·         Klik menu file
·         Pilih save, maka MS Power  Point akan membuka kotag dialog dimana anda akan menentukan nama file dan lolkasi peyimpanan.
·         Lalu  save
3.       Penyimpanan Selanjutnya
·         Klik menu file lalu save
4.       Elemen Dasar Jendela Kerja
·         File
·         Quick Acess Toolbar, berisi perintah-perintah penting, seperti save,undo,redo,dan masih banyak lagi.
·         Ribbon , menu bar berbentuk Tab berisi Group di dalamnya Command Button
·         Slide Bar , tampilan Thumbnail sli yang akan di buka.
·         Add Nootes , catatan singkat dapat di isi dan berkaitan dengna slide yang akan di buat
·         Slides , tempat dan isi dari opresentasi yang anda buat
·         View Shortcut , fitur dalam PowerPoipnt 2010 berfungsi untuk mengubah tampilan slide
·         Zoom Slider , sebagai pembesar dan memperkecil tampilan slide secara cepat.
D.      Membuat dan Mengatur Presentasi
·         Klik kotak teks click to add title
·         Kemudian klik kotag teks click to add subtitle, lalu ketikkan judul presentasi anda

1.       Menambahkan slide baru
·         Klilk Tab  menu Home lalu klik ikon New Slide
·         Sehingga akan muncul slide baru di bawah slide pertama
2.       Mengganti layout slide
·         Pilih slide yang akan diganti
·         Pilih Tab Home dan klik tombol layout pada group slides, sehingga akan muncul kotag dialog slide
·         Pilih layout yang anda inginkan
3.       Menggandakan slide presentasi
·         Letakkan kursor pada slide yang akan digandakan
·         Klik kana mouse pilih Duplicate Slide
4.       Menggunakan Themes pada Slide
·         Pilih slide yang akan diberi themes
·         Pilih Tab Design dan klik tombol more pada group themes sehingga muncul tampilan bermacam bentuk themes
·         Klik kanan , maka aka nada pilihan
# Apply to all slide , menampilkan pada keseluruhan slide
# Apply to selected slide , menampilkan hanya pada slide yang terpilih
5.       Mendesain Background Slide
·         Pilih slide yang ingin di ubah
·         Pilih design, klik Background style
·         Pilih warna , dan untuk pengaturan selengkapnya memilih perintah Format Background sehingga akan ditampilkan kotag dialog Format Background
·         Anda dapat memilih panel sebelah kiri dengan pilihan Fill
# Solid fill , pengaturan background dengan mengisi slide menggunakan warna solid.
# Gradient fill , menggunakan warna gradasi
# Picture or texture , pengaturan background slide dengan gambar
# Pattern fill , menggunakan arsiran
·         Setelah memilih warna background , lalu lakukan :
# Klilk Apply to All , menampilkan background pada semua slide
# Klik close , menampilkan background pada slide terpilih
# Klik Reset Background , menampilkan kembali Backgroun yang    terpilih sebelumnya
6.      Menyalin dan Memindahkan Tata Letak Slide
# Menyalin slide :
·         Pilih Slide yang anda akan salin
·         Tekan Ctrl+D pada keyboard
# Memindahkan letak slide
·         Pilih Slide yang akan anda pindah letaknya
·         Selanjutnya klik dan tahan serta geser slide kea rah atas maupun bawah slide yang lain sesuai keinginan anda.lau lepas tombol Mouse-nya.
7.       Menyisipkan Slide dari File Presentasi yang telah ada
·         Aktifkan slide yang sedang akan anda buat,misalkan anda aktifkan pada slide kedua
·         Klik Tab Home dalam group Slide,lalu klik New Slide dan pilih Slides sehingga akan muncul task pane Reuse Slide
·         Klik tombol browse,kemudian klik Browse File ,u/mencari file yang ingin anda sisipkan file presentasinya
·         Carilah lokasi file yang akan anda sisipkan slide-nya,setelah dapat file yang akan anda ambil,klik tombol open sehingga slide-slide dari file presentasi yang anda ambil tadi akan tampil dalam taskpane Reuse Slide.
·         Pada mbagian bawah taskpane Reuse Slide aktifkan Keep soure formatting lalu pilih slide yang akan anda masukkan/sisipkan ke dalam presentasi anda dengan cara mengklik slide-nya,sehingga slide akan langsung ditambahkan dengan mengikutsertakan semua format yang telah terbentuk dari file slide yang ada.Jika anda tidak ingin mengikutsertakan formatnya,maka non-aktif kan kotak cek Keep soure formatting.
8.       Mengorganisasi Slide dalam Section
·         Pilih Slide yang akan dikelompokkan ke dalam Section
·         Pada tab Home , klik tombol Section dan pilih Add Section. Dari perintah tersebut maka akan ditambahkan section baru dengan nama Untitled Section.
·         Jika ingin mengubah nama section, langkah yang harus dilakukan adalah pilih section “Untitled Section”kemudian klik tombol Section,kemudian pilih Rename Section.
·         Isikan nama section pada kotak Section name
9.       Meringkas dan Mengurai Slide dalam Section
·         Pada judul Section pilih batang section,lalu klik Collapse Section atau Expand Section.
10.   Membagi dan Mengatur Urutan Section
# Membagi kertas :
·         Pilih kembali slide yang akan di bagi Section-nya
·         Pada tab Home grup Slides ,klik tombol Section dan pilih Add Section.
·         Beri nama kembali dengan pilih Section “Untitled Section”
·         Selesai
# Dalam mengatur urutan Section,
·         Move Section Up adl u/ memindahkan section satu tingkat ke atas
·         Move Section Down adl u/ memindahkan section satu tingkat ke bawah
11.   Menghapus Section
·         Pilih section yang akan Anda hapus
·         Lalu pilih tab Home,dan klik tombol section,dalam Group Slides ,kemudian pilih
# Remove Section adl u/ menghapus section yang terpilih
#  Remove All Section adl u/ menghapus semua section yang ada
E.    Format Teks pada Slide
1.      Mengetik Teks pada kotak Teks Default Slide
·         Pada kotak teksyang bertuliskan Click to Add title,
·         Ketik “SELAMAT DATANG”
2.      Membuat Teks dengan Text Box
·         Dalam lembar kerja slide pilih tab Insert,dan klik tombol Text Box dalam grup Text
·         Klik pointer mouse dalam lembar kerja slide atau klik tahan geser
·         Ketik teks yang diinginkan
3.       Membuat Teks dengan Wordart
·         Aktifkan lemabar kerja Slide ,kemudian pilih tab Insert dan klik tombol WordArt dalam grup Text,u/ menampilkan pilihan jenis WordArt.
·         Anda bisa memilih salah satu bentuk wordart yang ada dalam daftar dan ketikkan isi teksnya.
4.       Memformat Garis Bingkai WordArt
·         Blok tulisan yang telah anda buat dengan menggunakan WordArt
·         Pada Tab Drawing Tools-Format dalam grup WordArt Styles, klik tombol Tex Outline u/ menampilkan menu Pop-Up warna garis .
·         Pada bagian Theme Colors ,Strandard Color atau More Outline Colors silahkan anda tentukan pilihan warna garis luarnya.
·         Pada bagian Weight,adll untuk menentukan ketebalan garis
·         Pada bagian Dashes,adl untuk menentukan pilihan pola garis. 
5.       Mengatur Style WordArt
·         Blok pada tulisan WordArt ,lalu pada tab Drawing Tools – Format dalam grup WordArt Styles klik tombol More u/ menampilkan Style WordArt.
·         Setelah tampilan pilihan Style muncul,dlm kategori Applies to All Text in Shape adl u/ memasang Style pada semua teks yang terpilih
·         U/ menghapus style yang telah terpasang adl dengan meng-klik pilihan Clear WordArt.
6.       Mengubah Jenis dan Ukuran pada Teks
·         Blok teks yang akan anda ubah jenis hurufnya
·         Pada tab Home dalam grup Font ,klik drop down tombol Font CALIBRY atau bebas
§  U/ mengubah Ukuran Huruf
·         Blok teks yang akan diubah ukuran hurufnya
·         Pada Tab Home dalam Grup Font,klik drop down tombol Font Size yang anda inginkan.
7.       Mengubah Warna ,Perataan Teks dan Jarak Spasi
# Untuk mengubah warna teks
·         Blok teks yang akan diubah warnanya ,lalu pada tab Home dalam grup Font,dan klik tombol Font Color yang berfungsi u/ menampilkan pilihan warna
·         Anda dpt memlih sesuai dengan yang diinginkan  dan lihat perubahannya
§  U/ mengubah Perataan Teks
·         Blok teks yang akan diatur jarak spasinya
·         Lalu pada tab Home dan dlm grup Paragraph
o   Align Text Left adl u/ meratakan teks dengan rata kiri
o   Center adl u/ meratakan teks dengan rata tengah
o   Align Text Right adl u/ meratakan teks dengan rata kanan
o   Justify adl u/ meratakan teks dengan rata kanan dan kiri
# Untuk  mengatur & mengubah jarak spasi antar karakter
·         Blok teks atau paragraph yang akan anda atur jarak spasinya
·         Lalu tab Home dalam grup Font,klik tombol Character Spacing dan terdapat beberapa pilihan
8.       Menggunakan Format Penomoran
·         Blok teks yang akan diberi format penomoran ,lalu pada tab Home dalm grup Paragraph ,klik tombol Numbering yang berguna u/ pemberian penomoran langsung
·         Klik tombol Numbering u/ memilih bentuk penomoran yang diinginkan.
9.       Membuat Format Kolom Koran
·         Blok paragraph yang akan dijadika format kolom dengan gaya koran
·         Pada tab Home dalam grup Paragraph klik tombol Columns u/ menampilkan pilihan layout kolomnya
·         Pilih salah satu jenis format kolom yang anda inginkan.





F.  Tabel,Grafik dan SmartArt
1.  Membuat Tabel
·         Silahkan anda buat slide baru dengan pilihan layout Title and Content
·         Kemudian dlm lembar kerja slide ,anda klik icon Insert Table ,sehingga akan tampil kotak dialog Insert Table
a)      Number of column adl u/ menentukan jumlah kolom table yang dibutuhkan
b)      Number of Rows adl u/ menentukan jumlah baris dalam table yang dibutuhkan
c)      Setelah itu OK
2.  Mengatur Ukuran Tabel
·         Pilih table yang akan anda ubah ukurannya
·         Anda arahkan mouse pada salah satu titik handle yang berada disekitar bingkai table hingga bentuk pointer menjadi tanda panah yang mengarah kekiri dan ke kanan
·         Kemudian klik dan tahan mouse,lalu geser mouse ke kanan kekiri atau keatas kebawah
3.       Mengatur Ukuran Kolom dan Baris
·         Arahkan pointer mouse pada garis vertical kolom dan horizontal pada baris yang akan anda ubah ukurannya
4.    Menyisipkan Kolom dan Baris
·         Blok kolom atau baris yang akan anda sisipkan
·         Lalu klik tab Table Tools –Layout dalam grup Rows & Column
5.       Mengahpus Tabel ,Kolom,dan Baris
·         Blok kolom atau baris yang akan anda hapus
·         Pada tab Table Tool –layout dalam grup Rows & Columns,klik tombol Delete dan pilih salah Satu
6.       Membuat Grafik
·         Buat Slide baru dengan pilihan layout Title and Content ,Two Content ,atau Comparison
·         Dalam lembar kerja slide ,klik ikon Insert Chart ,atau klik tombol Chart pada tab Insert grup Ilustration
·         Anda dapat memilih jenis grafiknya pada panel bagian kiri dan pilih pula model grafiknya
·         Setelah itu OK
·         Dlam lembar kerja Ms.Excel silahkan anda masukkan data grafiknya
·         Setelah anda memasukkan semua data yang diperlukan,selanjutnya tutup lembar kerja dengan menekan tombol Close /Alt+F4.



7.       Membuat Diagram SmartArt
·         Pada Slide yang akan anda berikan SmartArt,klik ikon Insert SmartArt Graphic pada grup Illustration u/ menampilkan kotak dialog Choose a SmartArt Graphic
·         Pada panel sebelah kiri,pilih tipe diagram dan pilih juga layout pada panel kanan sesuai yang anda inginkan ,
·         U/ mengisikan teks pada diagram SmartArt terpilih klik area [Text]

G.  Video-Audio ,Hiperlink dan Slide Master
1.  Menyisipkan video
# Menyisipkan Video dari File
·         Tentukan slide yang akan anda masukan video,lalu pada tab Insert dalam grup media klik tombol Video dan pilih perintah Video From File
·         Dari perintah yang anda ambil,akan ditampilkan kotak dialog Insert Video
·         Dalam kotak dialog Insert Video ,tentukan lokasi file video yang akan di tampilkan pada slide presentasi
·         Kemudian pilih file videonya dan klik tombol Insert u/ menyisipkan video tersebut
# Menyisipkan Video dari Web
·         Pertama-tama anda cari video yang ingin anda sisipkan kedalam presentasi.
·         Pilih video,kemudian klik link Embed Code u/ menampilkan kode HTML video
·         Blok kode html-nya dan tekan Ctrl+C u/ menyalin kode
·         Setelah Anda salin,kembali ke presentasi PowerPoint 2010 yang anda edit dan klik Insert Video> Video from web site
·         Dalam kotak dialog Insert Video from web site yang tampil,tekan Ctrl+V u/ menampilkan hasil Salinan kode HTML yang tadi di copy
·         Lalu tekan Insert Anda dapat melihat hasilnya dalam slide presentasi Anda.
·         Tekan tombol play u/ menjalankan videonya atau tekan F5 u/ menampilkan dalam tampilan slide
# Menyisipkan Video dari Galeri CipArt Video
·         Pada tab Insert dalam grup Media ,klik tombol Video dan pilih tombol ClipArt Video ,sehingga akan tampil jendela task pane ClipArt
·         Klik tombol Go u/ mencari dan menampilkan pilihan file videonya
·         Pilih salah satu file yang ingin anda masukkan ,lalu pilih Insert u/ memasukkan sile ke dalam Slide
2.  Menyisipkan Audio
# Menyisipkan Audio dari File
·         Pada tab Insert dalam grup Media Clip ,klik tombol Audio dan pilih Audio From File sehingga akan tampil kotak dialog Insert Audio
·         Tentukan lokasi file audio yang anda miliki,lalu pilih dan klik Insert 
# Menyisipkan Audio dari Galeri Clip Art
Perbedannya hanya di letak jenis fileyang akan diambil pada Galeri Clip Art-nya
# Menyisipkan Audio Record
·         Anda harus merekam terlebih dahulu dengan menggunakan Microphone pada komputer ,dan langsung aktifkan pada slide
·         Pada tab Insert dalam grup Media klik tombol Audio dan pilih Audio Record untuk membuka kotak dialog Record Sound
·         Pada kotak isian name,buat nama suaranya
·         Arahkan microphone kesumber suara yang ingin direkam ,dan klik tombol Record u/ merekamnya
·         Klik Stop u/ menghentikan proses rekamannya
·         Tombol play u/ mendengar hasil rekaman
·         Setelah itu klik OK
3.       Menjalankan Video dan Audio
·         Pilih objek video ,pada tab Video Tools – Playback dalam grup Video Option ,pada bagian start
·         Tekan F5 u/ menampilkan dalam Slide Show

§  Sedangkan u/ mengatur cara memainkan video
·         Pilih objek Audio ,pada tab Video Tools-Playback dalam grup Audio Option ,pada bagian start pilih salah satu perintah
·         Tekan F5 u/ menampilkan dalam Slide Show
4. Menjalankan Video dan Audio secara Berulang
·         Pilih objek video/audio yang akan anda mainkan secara terus-menerus ,pada tab Video Tools-Playback dalam grup Video/Audio Options,aktifkan kotak cek Look Until Stopped
·         Tekan tombol Play dan lihat hasilnya.
5.    Membuat Link Objek dengan File Presentasi
·         Pilih teks yang akan anda buat link nya dengan file presentasi
·         Pilih tab Insert,dan klik Hyperlink dalam grup Links u/ mengaktifkan kotak dialog Insert Hyperlink
·         Pada bagian Link to ,pilih Existing File or Web Page
·         Pada bagian Look in,tentuka file presentasi yang akan anda Link-kan dengan objeknya
·         Selanjutnya anda dapat memilih file-nya dan klik OK u/ mengakhiri proses
·         Tekan F5 u/ menguji hasil Link yang anda buat dalam tampilan Slide Show
6.      Menambahkan Action Button
·         Buka file presentasi yang pernah anda buat sebelumnya,dan laukan pemilihan pertama
·         Pada tab Insert,dan klik Shapes dalam grup Illustrations
·         Dari daftar pilihan Shapes yang tampil ,pilih tombol Back or Previous dalam kelompok Action Buttons
·         Klik pada slide slide u/ memasang Action Button tersebut ,sehingga akan ditampilakan kotak dialog Action Settings
·         Aktifkan kotak Play Sound u/ memberikan efek suara pada tombol,dan kemudian klik OK
7.   Menampilkan Tanggal,Nomor Slide dan Catatan Kaki
·         Pilih posisi pada slide pertama
·         Pada tab Insert dan klik Header & Footer atau Slide Number dalam grup Text u/ membuka kotak dialog Header and Footer
·         Pilih tabulasi Slide
o   Date and Time adl u/ menampilkan data tanggal .Pilih Update automatically dan pilih bentuk format tanggalnya agar data tanggal selalu terupdate tiap hari
o   Slide Number u/ penomoran slide secara otomatis
o   Footer u/ menampilkan sebuah teks dibawah slide sebagai catatan kaki.
o   Don’t Show on title slide u/ menyembunyikan data tanggal ,nomor slide dan catatan kaki.
o    
H.  Animasi,Slide Show dan Publikasi Presentasi
1. Animasi pada Objek
* Blok atau pilih objek yang akan diberikan animasi
* Pada tab Animations ,klik More dalam grup Animation u/ menampilkan efek pilihan animasi,dari beberapa pilihan animasi yang tersedia.
2.  Memberikan Efek Suara
* Pilih/blok yang telah diberikan animasi untuk menambahkan diberi efek suara.
* Pada tab Animations lalu klik Animation Pane dalam grup Advanced Animation sehingga akan ditampilkan taskpane Animation Pane
* Klik Kanan pada objek yang akan diberi suara dan pilih tab Effect  Options,sehingga akan tampil kotak dialog
                 * Pada bagian Sound pilih efek suara yang anda inginkan ,bila sudah terpilih klik OK u/ mengakhiri proses.
3.      Efek Transisi pada Slide
·         Pilih slide yang akan diberi transisi
·         Pilih Tab Transitions dan klik More dalam Transition to This Slide u/ menampilkan daftar pilihan efek transisi
·         Anda dapat memelih efek transisinya,jika sudah Anda klik Apply To All dalam grup Timing
4.       Gerakan Efek Transisi
·         Anda pilih slide yang akan dirubah gerakan efek transisinya
·         Pada Tab Transition,lalu klik effect Option dalam grup Transition to This Slide
·         Anda dapat memlih salah satu jenis efek transisi yang anda inginkan .
5.       Mengubah Presentasi Menjadi Video
·         Buka file presentasi yang telah anda buat
·         Pada Tab menu File,Klik Save & Send dalam kelompok Type,pilih dan klik Create a Video.
·         Untuk menampilkan semua pilihan kualitas video ,pada computer & HD klik tanda panah ke bawah.
·         Klik tanda panah kebawah pada Don’t Use Recorded Timings and Narrations
·         Setelah itu ,klik create Video,dan akan muncul kotak dialog Save.
·         U/ memainkan play Video ,masuk ke lokasi folder dimana Anda menyimpannya.
6.      Mencetak Presentasi
·         Buka file presentasi yang akan di cetak ,pilih tab Design dan pilih dan klik tombol Page Setup dalam grup Page Setup,u/ manampilkan kotak dialog page setup
·         Pada bagian Slides size for,Anda bisa memilih ukuran kertas
·         Pada Number slides from,isikan nomor slide yang akan dicetak
·         Pada bagian Orientation adl pengaturan orientasi slide menjadi vertical ataupun Horizontal
·         Setelah semua amda atur,klik tombol OK u/ mengakhiri proses.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar